Tentang Tema Blog yang Disukai

Secara teori, semua blogger pasti tau kalo blogwalking itu banyak manfaatnya. Nggak hanya menambah jaringan, namun juga berpengaruh pada statistik blog jika kita mengunjunginya dan meninggalkan jejak komentar.

Namun, saya nggak selalu meninggalkan jejak pada blog oranglain. Saya pasti akan mengunjungi blog-blog yang artikelnya sedang membahas kata kunci yang saya cari dan judulnya menarik. Walaupun begitu, saya sering kecewa jika di akhir artikel, ternyata nggak sesuai dengan ekspektasi saya atau kebanyakan sponsored post. Huft!

Saya selalu suka postingan yang bercerita jujur tentang pengalaman pemilik blog, namun jika kemudian ternyata diakhiri dengan sponsored post, kok rasanya sedih yah. Iya saya tau, di era digital ini banyak orang mencari duit di internet, salah satunya ya jadi blogger. Makanya membawa sponsored post itu susah, disatu sisi harus terlihat benar-benar real, based on experience, namun disisi lain juga tidak boleh mengecewakan brand. Pusing ya?

Jadi, tema blog apa yang saya sukai?

Lifestyle

Lifestyle ini memang tema umum yang sering digunakan blogger sebagai tujuan awal. Blognya tentang apa? Gado-gado aja nih, cerita sehari-hari, nah ini masuk kategori lifestyle.

Saya suka blog lifestyle yang benar-benar jujur. Blog yang isinya curhat gitu lho. Hahaha. Tapi saya yakin saat blogger membawa curhatnya ke blog, pasti ada insight yang bisa dituangkan, nggak sekedar menye-menye bersedih atau mengeluh doang.

Parenting

Berhubung saya sekarang sudah menjadi Ibu, blog parenting hampir selalu saya browsing dan baca setiap hari. Entah itu tentang aktivitas yang bisa dilakukan bersama anak, tentang menu camilan untuk anak bahkan tips bepergian dengan anak.

Hampir semua blog parenting ini based on experience, walaupun tetap sih ada sisipan sponsored post. Namun, banyak blogger yang menyajikannya dengan menarik, tetap informatif, tidak kehilangan esensi, dan promonya tetap halus dan sampai.

Beauty

Yah siapa yang nggak suka sama beauty blog, saya rasa nggak ada. Bahkan beauty blog ini menurut saya yang paling menginspirasi seseorang buat ikut nge-blog. Nggak cuma dapat predikat sebagai blogger, bisa juga jadi influencer di sosial media karena apalah arti nge-blog tanpa sosial media.

Meskipun beauty blogger bersaing kuat dengan beauty vlogger, tapi buat yang hobi baca dan browsing gini, mencari review skincare dan kosmetik di mesin pencari masih jadi pilihan pertama. Kalo soal beauty gini, saya maklum kalo sponsored post, karena penting ya sebelum beli kita baca review dari orang-orang yang sudah menggunakan. Apalagi kalo blogger yang diminta untuk mencoba oleh sebuah brand, memang kredibel di bidangnya. Penting buat pengguna, juga penting buat brand dalam memetakan pangsa pasar yang dibidik.

Sebenarnya, ketiga tema atau niche diatas ada juga di blog saya ini. Lifestyle saya masukkan ke kategori Daily Life atau Keluarga Permadi, untuk Parenting saya masukkan ke kategori Menjadi Ibu dan untuk Beauty saya bikin kategori Ayu Kemayu. Namun, tetap ya, saya lebih percaya diri menyebutnya Lifestyle saja. Karena blog ini sarana saya menyalurkan hobi menulis, supaya otak saya tetap waras 😀

You may also like

2 Comments

  1. Aku juga suka beauty blog tapi seringnya nggak komen. Suka bingung mau komen apa. Yang penting aku dapat info, tutorial… dapat ilmu baru gitu.

    1. Iya, Mba. Soalnya kalo beauty, kondisi kulit dan wajah tiap orang berbeda, jadi bingung mau komen apa 😁

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *