Peluncuran Jalur Baru Bus Bagong (Surabaya Kediri Tulungagung)

Beberapa hari yang lalu, seorang teman lama menghubungi kembali, mengajak saya ke acara peluncuran jalur baru Bus Bagong dengan rute Tulungagung Kediri Surabaya. Sebagai pengguna Bus selama 3 tahun, mendapat kabar ini, bahagia rasanya. Mengingat waktu itu, rasanya sedikit sekali pilihan transportasi umum ke Surabaya dengan layanan istimewa. Rasanya, awang-awangen mau ke Surabaya. Harus selektif berkejar dengan waktu kalo mau dapat Bus yang nyaman.

Bus Bagong sendiri, awalnya hanya melayani rute Malang-an. Masih ingat juga, gimana kalo mau ke Malang, opsi yang muncul selalu kereta. Padahal, buat saya yang suka ngeliatin jalanan, lebih suka Bus. Lagi-lagi, opsinya sedikit juga untuk yang dari Tulungagung.

Nah, perbaikan infrastruktur besar-besaran yang dilakukan oleh Pemerintah selama 5 tahun terakhir ini, dimanfaatkan oleh PO Bagong. Perusahaan yang digawangi oleh Bapak Hari Susilo dalam naungan PT. Bagong Dekaka Makmur ini mengambil peluang dengan adanya jalan tol dengan membuka jalur baru, yaitu Tulungagung Kediri Surabaya.

1574046701583

PO Bagong sendiri membuka dua rute, yaitu via tol dan non tol dengan menyiapkan 42 armada baru. Angin segar untuk yang hobi wira-wiri ke Surabaya. Ada 20 unit armada yang akan melayani jalur tol dengan tarif 25.000, dan 22 unit armada untuk jalur arteri (non tol) dengan tarif 24.000.

1574046869172

Meskipun selisih, namun fasilitas bus yang digunakan semua disesuaikan dengan kebutuhan sekarang, yaitu AC, colokan listrik dan tempat minum. Sesuai filosofinya yang mengambil tokoh Bagong, Bus Bagong ingin melayani masyarakat dengan mengedepankan kenyamanan dan keamanan pelanggan. Diharapkan masyarakat dapat merasakan manfaat dari transportasi umum dengan fasilitas luxury namun bertarif ramah kantong.

Peluncuran Jalur Baru Bus Bagong diresmikan di Terminal Gayatri Tulungagung, pada hari Sabtu (16/11). Acara dimulai sekitar pukul 10.00, dibuka dengan tarian Reog Kendang khas Tulungagung. Acara juga dihadiri oleh Perwakilan dari Kementrian Dinas Perhubungan dan segenap jajaran Direksi dari PT Bagong Dekaka Makmur.

1574046744958

Dimulai dengan sambutan dari pihak-pihak terkait, dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng dan pita, peluncuran jalur baru oleh Bus Bagong dinyatakan resmi. Saat itu juga, pihak Bus Bagong menyatakan bahwa khusus hari tersebut bagi penumpang yang berada di Terminal Gayatri dan akan melakukan perjalanan ke Surabaya, diberikan layanan gratis. Telah disiapkan 4 armada yang siap beroperasi pada hari itu. Layanan gratis tersebut langsung diteruskan ke pihak informasi Terminal Gayatri. Tepukan riuh menyambutnya.

Di sisi lain venue acara juga sedang dimeriahkan oleh Pelawak Percil CS. Ini pelawak favorit Bapak saya, tiap hari sampe saya hafal logatnya karena ikut dengerin sama Bapak. Alhamdulillah, bisa menyaksikan langsung. Asli, ngakak banget. Lama rasanya nggak nonton lawakan langsung gini. Hadirnya Pelawak Percil CS ini juga hiburan bagi masyarakat sekitar Tulungagung.

1574047044090

Selain itu, pihak Bus Bagong juga telah menyiapkan puluhan doorprize yang siap dibagikan kepada masyarakat. Syaratnya mudah, hanya dengan fotocopy kartu identitas maka sudah berhak mengikuti undian. Saya banyak-banyak berdoa dong, kali aja nyantol. Nggak usah muluk-muluk sepeda motor Honda Beat, saya pengen bawa pulang sepeda gunung satu aja. Haha. Sayangnya, hoki belum berpihak. Hadiah utama Honda Beat berhasil dimenangkan oleh salah seorang warga, sorak sorai mengiringinya.

1574046783860

Well, menurut saya, dengan peluncuran jalur baru oleh Bagong ini akan menambah opsi jumlah transportasi umum bagi warga Tulungagung yang mau bepergian ke Surabaya. Seperti yang disampaikan dalam sambutan Bapak Pandu dari Kementerian Perhubungan, Pemerintah menyambut baik pihak-pihak yang berkontribusi dalam melayani masyarakat untuk hal transportasi. Bagaimanapun, keselamatan dan kenyamanan penumpang dalam perjalanan adalah hal utama.

Dukungan pemerintah dalam hal infrastruktur diharapkan dapat membantu masyarakat yang memiliki kebutuhan mobilitas yang tinggi. Transportasi umum diharapkan dapat mengurangi jumlah kendaraan pribadi di jalanan serta meminimalisir resiko kecelakaan lalu lintas.

Jadi, nggak ragu lagi bertransportasi umum, kan?

You may also like

4 Comments

  1. Kyaknya Bis Bagongnya nyaman ya, suka horor kalo naik bis surabaya tu soalnya suka kebut-kebutan, semoga bus Bagong nie nggak kebut-kebutan kayak yang lain dan mementingkan kepuasan dan kenyamanan penumpang, 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *