Marwa 3 tahun

Permisi… Sambat dulu boleh, yaaa…

Entah mengapa dari 2 tahun ke 3 tahun ini berasa lama banget. Apa karena fisik anak cenderung stabil, ya? Kalo dari usia setahun menuju dua, kan ada fase merangkak ke jalan. Milestone-nya cukup besar. Usia dari 2 tahun ke 3 tahun ini, monoton tapi sangat melelahkan. Karena tantrum dan cranky itu nyata dan menguras emosi. Huft!

Baca juga : Marwa 15 bulan

Belum sukses menyapih

Iya, Marwa masih ngempeng. Aku belum sukses menyapih dia. Sebab apa? Entahlah. Tiap hari sounding juga. Apa karena aku belum siap? Aku belum siap untuk capek menggendong sebelum tidur sih. Lebih enak rebahan, buka baju, dia tidur, aku ketiduran. Nikmat mana yang mau didustakan?

Tentu iri dong sama ibuk-ibuk yang gampang banget sapih, atau konsisten memulai sapih. Tapi, mungkin itu bukan aku.

Lalu? Entahlah. Haha.

Belum Toilet Training

Pekerjaan Rumah besar kedua, lepas diapers. Aku pengen nangis aja deh. Siapa sih yang nggak pengen anak lepas diapers dan bilang pipis? Aku juga pengen, lah. Biar nggak usah beli diapers, beli Tea Break Bubble aja lebih enak.

Masalahnya, setiap kali anak dilatih lepas diapers, dia nahan pipis dong. Kan, kasian. Mana kayak nggak mau gerak gitu, nggak mau lari-larian. Hiks. Entahlah kapan.

Weaning dan toilet training ini memang fase besar, ya, nggak cuma anak yang harus keluar zona nyaman, orang tua juga. Nangis lagi aja deh! Doakan, ya! Judge boleh tapi dalam hati kalian masing-masing aja. Minimal dosanya nggak banyak karena nggak sampai menyakiti hati orang lain. OK!

Bisa Menggambar dan Mewarnai

Di usia 3 tahun ini, Marwa sudah bisa pegang pensil dengan baik dan luwes. Pegang crayon pun juga luwes. Hafal warna dan bisa mewarnai dengan rapi.

IMG_20200217_142135
Gambar mata sakit karena kebanyakan nonton Youtube 😀
IMG_20200217_142148

Gitu deh. Nggak tau mau cerita apalagi. Karena usia 3 tahun ini dia udah fase kepo. Karena ngomong sudah lancar, tinggal bilang huruf R aja. Jadi, pertanyaan dan respon dia atas sesuatu itu amazing buat kita. Fase ini banyak mengenalkan attitude kesopanan dan beberapa aturan lewat ngobrol tadi.

Ps. Jangan tanya kapan punya adek, ingat PR besar ku diatas 😛

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.