Buku dan Mimpi Perpustakaan Keluarga

Hampir semua buku yang saya miliki mempengaruhi kehidupan saya. Termasuk buku-buku yang sejak kecil pernah diberikan oleh Bapak. Kumpulan dongeng Cinderela, Jack dan Kacang Panjang, Perahu Nuh, dan Pinokio benar-benar melekat di kepala saya. Menghabiskan 1 buku hanya dalam waktu sehari, kemudian masih mengulanginya lagi di minggu depan.

Menginjak SMP, saya hobi baca komik, novel dan teenlit. Jaman segitu, komik-komik sukses bikin saya berkhayal pengen punya pacar tinggi, anak basket yang tengil, dan hidung mancung. Apa kesampean? Jelas engga lah. Itu kan tokoh komik, mana ada di dunia nyata. Hahaha.

Mulai masuk SMA, saya baca-baca juga soal motivasi, komputer juga biografi. Nalar makin terasah kan, sudah mulai males baca teenlit atau chiclit, sukanya novel dewasa yang tebal. Hampir semuanya nggak pernah beli, saya hobi berdiam diri di perpustakaan daerah. Kalo perpustakaan sekolah, jarang sekali, karena bukunya tidak update. Semasa kuliah pun, saya punya kartu anggota perpustakaan daerah. Kalo jam kuliah kosong, ya saya ngadem di perpustakaan. Kalo bukunya seru, pinjam dan lanjut dirumah. Saya masih inget, saya kenal buku-buku Raditya Dika di perpustakaan Kediri.

Entah ulang tahun keberapa, saya juga minta kado buku ke pacar yang sekarang sudah jadi suami. Saya dibelikan novel dengan judul Tenun Biru dan buku biografi sederhana Bapak Joko Widodo. Tenun Biru melekat, bukan hanya karena datang dari pacar, tapi juga tentang ceritanya. Sukses membuat saya menaruh Toraja sebagai destinasi wisata jika punya rejeki lebih. Kisah cinta Ratna dan Janus ini sarat makna, ada makna sosial dan juga tentang travelling. Bukunya masih tersimpan dirumah orangtua saya.

Hasil gambar untuk novel Tenun Biru
Sumber

Menikah dengan suami, saya sukses meracuni dia tentang buku dan membaca. Sekarang kami sama-sama hobi belanja buku. Suami punya koleksi buku filsafat, agama dan komputer. Saya punya koleksi fiksi. Punya anak, kami juga ingin kelak anak kami mencintai buku. Saya juga jadi hobi menimbun buku anak. Jadilah akhir-akhir ini saya sering beli buku anak dan parenting. Karena keseringan beli, saya jadi ikutan buka lapak jualan buku anak. Hahaha. *promosi terselubung*

Kalo ditanya tentang buku yang paling mempengaruhi kehidupan ya buku anak ini. Karena berhubungan tentang mendidik anak saya. Kalo dulu saya hobi baca buku manfaatnya ya wawasan jadi luas, saya merasa bisa mengimbangi obrolan orang, saya juga merasa percaya diri karena nggak kudet. Nah, sekarang saya ingin anak saya juga bisa merasakan manfaat membaca kelak dia dewasa, caranya ya ngajari dia mencintai buku dulu. Ini berkali-kali saya ceritakan kenapa beli buku untuk anak, tujuannya bukan membaca tapi mencintai buku.

Kalo nanti dia mencintai buku, harapannya kita nggak perlu repot-repot teriak-teriak ke anak untuk baca buku, karena ya otomatis dia akan baca setiap kali ketemu buku. Bukunya anak-anak apa? Banyak dan bermacam-macam.

Buku mengenal hewan, isinya cuma foto-foto hewan, tanpa tulisan.

Buku sensory, buku dengan sampul gambar singa dan ada tekstur seperti bulu singa, isinya cerita singa sedang bermain hide-and-seek dengan kawanan hewan lainnya.

Buku bersuara (soundsbook), buku dengan tokoh utama si Kereta Biru, ada tombolnya, jika dipencet akan terdengar suara kereta.

Buku Dongeng, buku favoritnya Marwa. Meski bahannya kertas glossy biasa, bukan boardbook, tapi gambarnya banyak sekali. Mulai dari monyet, jeruk, topi, pangeran dan putri, burung hantu, raksasa, yang membacakan nggak akan kehabisan ide punya cerita. Tinggal mengarang bebas aja kan?

Buku Religi, buku yang akhir-akhir ini mulai saya berikan. Karena dia sudah mulai mengikuti gerakan shalat dan berdoa. Belajar untuk mengenalkan Tuhan.

Karena kami masing-masing punya deretan buku koleksi, saya dan suami punya mimpi, semoga suatu hari kami punya ruang untuk sebuah perpustakaan keluarga. Kami juga kepikiran memberi identitas untuk perpustakaan itu dan koleksi buku kami dengan nama “Pustaka Shalina” atau “Pustaka Permadi”. Semoga dimudahkan. Ada ‘aamiin’ ?

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *