NHW #7 : Tahapan Menuju Bunda Produktif

Pekan ke-7 ini kami belajar materi Rezeki itu Pasti, Kemuliaan lah yang harus Dicari. Sewaktu baca materi, Alhamdulillah setelah melewati dua tahapan “Bunda Sayang” dan “Bunda Cekatan” dalam proses pemantasan diri seorang ibu dalam memegang amanah-Nya, kini sampailah kita pada tahapan “Bunda Produktif”, kami bingung, kok Bunda Produktif? Kan masih di Matrikulasi. Kata Fasil, sesungguhnya matrikulasi berisi cuplikan-cuplikan materi yang akan kami pelajari di kelas-kelas berikutnya. Nah, sekarang saatnya mengintip materi yang berhubungan dengan kelas Bunda Produktif.

Kalo mengingat tentang kata produktif, orientasi yang muncul adalah menghasilkan atau penghasilan. Namun, disini kami ditegaskan bahwa produktif bukanlah urusan nominal.

Continue Reading

NHW #6 : Belajar Menjadi Manager Keluarga Handal

Saat diskusi materi kemarin, jujur, saya tidak sepenuhnya hadir. Karena suami sedang jadwal lembur, jadi harus handle Marwa. Apalah daya, ketika sambil nidurin, hape di charge, eh saya ikut ketiduran. Hmm~

Akhirnya, saya scrolling saat tengah malam, bintangin beberapa yang penting. Dan juga refleksikan ke keluarga saya sendiri. Seperti di NHW sebelumnya, saya memang cenderung perencana dibanding suami yang easy-going. Ada pertanyaan beberapa teman yang bingung membedakan antara mengatur dengan mendominasi. Memang sih, saya merasakan itu juga. Apalagi jika berhubungan dengan anak, saya yang paling banyak belajar, sedangkan suami setuju-setuju saja. Namun, tidak selalu juga.

Continue Reading

Materi #4 : Mendidik dengan Kekuatan Fitrah

Disclaimer : Materi adalah milik Institut Ibu Profesional. Seluruh catatan disini untuk dokumen pribadi sebagai bahan pembelajaran.

Wah, sudah pekan 4 yaa, tanpa terasa hampir sebulan setiap minggu selalu dapat ilmu baru, berjibaku dengan NHW, memanajemen waktu dengan baik agar semua mendapat porsinya. Aku merasa hidupku lebih ‘berisi’, nggak badan doang. Hahaha.

Sewaktu dijadwalkan untuk mendapat materi ini, beberapa jam sebelumnya, saya mendapat kabar tidak baik. Kabar yang harusnya menggugah empati bagi sebagian orang, namun tidak terjadi pada saya. Seketika, saya merasa jahat banget jadi orang, karena kok aku nggak merasa kasihan ataupun sedih ya? Hahaha.

Continue Reading

NHW #3 : Membangun Peradaban dari Dalam Rumah

Dalam diskusi di materi ini, saya banyak belajar tentang betapa didikan orangtua sangat berpengaruh dengan didikan kita berikutnya kepada anak-anak kita. Disinilah kadang ujian sebagai keluarga dimulai, perbedaan pola asuh dengan suami seringkali jadi ‘bumbu-bumbu penyedap’ rumah tangga dalam usaha membina keluarga. *hela nafas sebentar*

Jangankan mereka yang mengalami trauma tentang pola asuh orangtua, saya aja yang menganggap didikan orangtua sudah baik sekali masih perlu menyesuaikan dengan keinginan hati saya sendiri dan keinginan suami.

Continue Reading