(Review) UNCENSORED by @olevelove

Saya suka baca, tapi bisa dibilang jarang beli buku. Kalo mau banding-bandingan, banyakan buku suami daripada buku saya. Juga bukan tipikal orang yang menyukai genre tertentu. Fiksi, oke. Non fiksi, nggak masalah.

Baca buku pun nggak pernah mentarget harus selesai. Cuma kayak ngemil-ngemil gitu. Baca 2 halaman, cukup, ganti buku yang lain. Kecuali fiksi yang memang untuk tau isi buku harus dibaca khatam.

(Baca juga : Romansa Lintang Langit pada Senja)

Oleh karena itu, saya lebih suka mengkoleksi kartu perpustakaan. Haha. Pinjam sana-sini. Seminggu bisa ganti 3 buku. Itu dulu sih. Sekarang mana sempat pergi dan ndekem di perpustakaan. Yang ada, nggak bisa bikin ayam geprek buat suami.

Seiring berjalannya waktu dan kemajuan tekhnologi, membaca buku punya pergeseran perilaku. Sekarang, siapapun bisa beli dan baca buku secara digital, tanpa pergi ke toko buku apalagi perpustakaan. Didukung kekuatan sosial media. Boom! Siapapun bisa menjadi penulis dan mudah cari pembaca.

Tetegram @olevelove

Salah satunya, Citra Ayu Mustika a.k.a @olevelove di Instagram. Dari yang semula sharing tentang dunia menyusui, menyebut dirinya tetegram, hingga sharing tentang dunia pasutri terutama urusan ranjang.

Saya adalah salah satu followernya sejak dia bahas ASI. Kebetulan, Marwa dan Zaida seumuran. Jadi waktu Citra sharing ASI untuk Zaida, saya juga mendapat semangat dari dia untuk menyusui Marwa. Apalagi, saya juga ibu bekerja. Disusul kemudian doi ternyata hamil lagi saat usia Zaida 6 bulan, saya jadi memutuskan KB dong. Haha. Monmaap Mak, aku belajar darimu. Wkwk.

Sejak sharing tentang ASI, Citra selalu menekankan tentang peran suami-suami juga dalam menyusui. Dari situlah, doi merembet ke urusan pasutri. Yang awalnya cuma lewat story aja, disimpan ke feed, kena report, sempat akun nggak bisa dibuka tapi akhirnya bisa balik. Dia salah satu perempuan yang menginspirasi buat saya.

Jujur, saya sering banget screenshot story Citra soal urusan ranjang untuk dikirim ke suami. Story doi urusan ranjang ini nggak cuma ngomongin soal foreplay-penetrasi tapi juga beserta dasar ilmiah kayak anatomi vagina atau penis. Doi juga pernah nyinggung soal vaginismus lho. Agak kaget baca vaginismus, ternyata ada yang berumahtangga tapi nggak bisa penetrasi. Selama ini mikirnya ya tegang, kurang rileks atau kurang foreplay aja. Ternyata, bisa jadi itu adalah disfungsi seksual dan perlu terapi untuk mengatasinya.

Kemudian, awal Agustus kemarin doi bawa kabar bahwa ceritanya selama ini akan dibukukan, daripada sering di report, padahal sharingnya doi ini banyak yang butuhin. Ofkors, aku ikut, di hari pertama begitu PO dibuka. Haha.

UNCENSORED by @olevelove

Isi bukunya seperti apa? Sebagai follower Citra, isi buku ini ya sama persis dengan Instagram dia. Plek sih. Jadi bacanya pun seperti flashback, oiya Citra dulu pernah cerita ini. Hanya saja, karena sudah masuk meja editor, lebih terdirektori. Jadi, nggak perlu buka-buka hastag yang dibikin Citra.

P1018557

Meskipun masuk di meja editor, ini buku ter-slengek yang pernah saya baca sih. Haha. Sebagai buku based on true story, Uncensored menggunakan kata gw untuk menggunakan sudut pandang Citra. Bukan yang baku menggunakan aku atau saya. Untuk pecinta buku, bisa dibilang buku ini kayak nabrak PUEBI. Penggunaan kata-kata banyak non-baku. Mungkin karena ini juga, buku ini laku keras dan dalam seminggu nyabet best seller, bacaan ringan dengan tema tak biasa, menjangkau mereka yang pada dasarnya males baca.

Uncensored juga didesain dengan layout colorfull dengan kutipan celotehan Citra yang sudah ter-highlight. 280 halaman ini nggak terasa berat sama sekali karena gaya tutur yang slengek tadi bikin mengalir dan Citra terasa dekat sama kita.

Blak-blakan soal Pasutri

Soal tema yang diangkat Citra memang terbilang tema tak biasa. Itu kenapa akunnya sering di-report, beberapa orang menganggap bahasannya ini tabu, saru dan nggak pantes diomongin. Padahal, dari sharingnya ini, menjadi terkuak bahwa problem-problem pasutri dalam urusan ranjang ini kompleks. Dan melalui Citra, beberapa orang mendapatkan solusinya.

P1018563

Saya masih inget banget gimana Citra sering sharing DM yang masuk dan kebanyakan dari suami-suami yang nggak punya ruang untuk speak-up soal kewarasan mereka. Melalui Citra, suami-suami ini bisa mengeluarkan uneg-uneg, merekomendasikan akun ke istri ataupun sebaliknya. Entah, Citra sudah menyelamatkan berapa pernikahan berkat sharingnya ini. Proud of you, Mak.

Uncensored by @olevelove ini bisa menjadi kitab sederhana buat pasutri saat pernikahan terasa flat dan hambar. Buku Citra ini mengingatkan kita bahwa sekalipun sudah menikah dan bisa ena-ena, tetap butuh usaha dan perjuangan. Citra juga membubuhkan tips ena-ena yang bisa dicoba sama pasangan halal. Makanya buku ini tertulis 18+, yang belum 18+ sabar dulu. Haha.

***

Well, saya suka banget sama buku Uncensored ini, terutama tentang tema yang jadi pembahasannya. Bukan hanya karena temanya saru, tapi buku ini semacam untold story gitu lho. Selain itu, secara pribadi, saya menyadari banget bahwa problematika rumah tangga itu kompleks dan nggak bisa disepelekan, termasuk urusan ranjang. Menuju kelanggengan pernikahan itu butuh kerjasama, menjaga kewarasan sebagai pasutri ada didalamnya.

Terima kasih banyak untuk MakCit, yang nggak pernah risih untuk sharing beginian. Banyak berkah untukmu dan keluarga :*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *