NHW #9 : Bunda Sebagai Agen Perubahan

Nggak seperti biasa yang baca materi berkali-kali baru nonton video penunjang, kali ini saya langsung nonton video penunjang materi. Nggak terasa juga ini adalah materi terakhir. Sudah kebayang, saya mau rehat sebentar ah, ambil napas sebentar dari kegiatan-kegiatan begini. Hihihi.

Namun, denger videonya justru semakin banyak inspirasi berdatangan. Cuplikan materi dari Kelas Bunda Shaleha ini kalo saya menangkap adalah ilmu tentang bermasyarakat. Angan-angan saya terbang ke aktivitas saya, dimana hidup nomaden. Kala pagi, saya bersama dengan masyarakat dengan lingkungan yang ramai, biasa terdengar suara gemericik air tetangga sedang mencuci sepeda motor, teriakan nenek kepada cucunya yang susah disuruh mandi, belum lagi jika tukang sayur lewat. Kala malam, saya adaptasi dengan lingkungan yang sepi sekali, jam 7 malam pintu-pintu sudah tertutup rapat, terkadang suara burung hantu menemani.

Sebagai orangtua millenial, kehidupan bermasyarakat dan bertetangga adalah tantangan tersendiri. Besar bersama internet, kami dimudahkan dengan komunikasi internet. Menghabiskan malam dengan komunikasi di grup Whatsapp, merasa sangat dekat dengan teman, tapi tidak dekat dengan tetangga sebelah. Sedih, sedih karena sadar harus prihatin namun bingung untuk memulai kebiasaan ngobrol dengan tetangga.

Namun, di diskusi kali ini, Fasil kami mengingatkan bahwa jika merasa kesulitan, fokuslah dulu dengan keluarga. Karena urutan kebermanfaatan adalah diri sendiri – keluarga – masyarakat. Keluarga pun seharusnya dimulai dari keluarga inti. Bersungguh-sungguhlah di dalam, maka engkau akan keluar dengan kesungguhan itu.

***

BUNDA SEBAGAI AGEN PERUBAHAN

Bunda, kalau sudah menemukan passion (ketertarikan minat ) ada di ranah mana, mulailah lihat isu sosial di sekitar anda, maka belajar untuk membuat solusi terbaik di keluarga dan masyarakat.
Rumus yang kita pakai :

PASSION + EMPHATY = SOCIAL VENTURE

Social venture adalah suatu usaha yang didirikan oleh seorang social enterpreneur baik secara individu maupun organisasi yang bertujuan untuk memberikan solusi sistemik untuk mencapai tujuan sosial yang berkelanjutan.
Sedangkan social enterpreneur adalah orang yg menyelesaikan isu sosial di sekitarnya menggunakan kemampuan enterpreneur.

Sehingga bunda bisa membuat perubahan di masyarakat diawali dari rasa emphaty, membuat sebuah usaha yang berkelanjutan diawali dengan menemukan passion dan menjadi orang yang merdeka menentukan nasib hidupnya sendiri.

Hal ini akan membuat kita bisa menyelesaikan permasalahan sosial di sekitar kita dengan kemampuan enterpreneur yang kita miliki. Sehingga untuk melakukan perubahan tidak perlu menunggu dana dari luar, tapi cukup tekad kuat dari dalam.

Kita memang tidak bisa mengubah lingkungan. Tapi kita bisa memilih mau ambil bagian apa di lingkungan.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *