Dibalik Nama inunrzh.com

Sebenarnya, saya lupa kenapa pilih nama ini ya…

Tapi, mari kita urai benang yang mulai kusut. Hahaha.

Sekitar tahun 2007, adalah boomingnya sosial media Friendster. Saya punya juga dong. Tapi sebagai anak sekolah pinggiran, nggak se-hits anak sekolah lain yang jumlah temannya banyak hingga ribuan. Dulu hanya sekedar suka gonta-ganti template. Kemudian, Friendster died!

Muncullah, sosial media Facebook. Dulu seingat saya, nama Facebook pertama kali adalah ‘nun’ Inun. Jaman segitu, sebenarnya udah banyak yang 4Lay. Tapi, saya kok nggak nemu nama 4Lay yang cocok. Saya juga pemalu banget. Jadilah, nama 4Lay itu cuma untuk email saya, yaitu chococreamy@ymail. Saya suka banget sama cokelat, jadi apa-apa bikin email selalu ada choco-choco gitu. Apaan ih! Hahaha…

Kenal Facebook, Twitter dan muncul Instagram, baru kemudian saya nge-blog yang serius, langsung pake WordPress. Awal-awal saya masih pake nama Miss Inun, tapi saya mau married nih, masa’ mau Miss melulu… 😀

Akhirnya… Saya utak-atik nama saya, supaya sinkron semua. Berharap bisa sekalian jadi branding.

Ketemulah, inunrzh. Tidak ada alasan khusus. Diambil dari Inun, nama panggilan saya dirumah. Dan rzh, adalah huruf konsonan di Nor Azizah. Kebetulan, di semua sosial media belum ada yang pake. Langsung kekepin. Twitter dan Instagram ganti ke inunrzh. Cek penyedia domain dan hosting, tersedia. Langsung beli!

Semakin dewasa, semakin serius di dunia digital. Belajar profesional gitu ceritanya. Nggak cuma hahahihi di sosial media, tapi bagaimana di sosial media juga bisa berbagi hal-hal positif dan baik, nggak cuma pamer foto. Saya kemudian meyakinkan diri untuk percaya diri menggunakan nama Emha Ainun N. Azizah (inunrzh).

Apa yang sebenarnya menjadikan tidak percaya diri? Saya sering ditanya siapanya Emha Ainun Nadjib gitu lho. Padahal ya bukan siapa-siapa, huruf N pun bukan inisial dari Nadjib, melainkan Nor. Sepertinya kedua orangtua saya kagum sama beliau. Dewasa ini saya juga semakin kagum sama beliau, suami juga sering dengerin kajian Maiyah dan kami juga memiliki beberapa buku karangannya.

Nama Pena

Sebenarnya, saya juga pengen banget punya nama pena. Apalagi, akhir-akhir ini saya ikut challenge menulis buku yang kadang ada kolom nama pena, rasanya, duh pengen punya. Tapi, yaudah balik lagi, sepertinya saya lebih dikenal (((dikenal))) dengan nama asli Emha Ainun N. Azizah dengan akun sosmed @inunrzh. Akhirnya, saya tetap bangga menggunakan nama pemberian kedua orangtua saya tersebut.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *