Collab : 5 Ide Menulis

Beberapa kali saya pernah dapat pertanyaan, Mbak, ide menulisnya dari mana? Kok bisa nulis banyak? Pernah buntu menulis nggak? Buntu menulis, ya sering lah… Hahaha.

Salah satu mengatasi buntu menulis adalah bikin collaboration gini. Ya, ini kali pertama saya menulis bareng sama seorang teman, Mba Nana, dengan branding dirinya, Arhana. Kali ini mau bahas ide menulis yang bisa dibungkus, bisa buat pemula maupun yang lagi writer’s block.

Baca punya Mba Nana disini, ya.

Obrolan Grup Chating

Siapa yang nggak punya grup chating? Bohong besar kalo nggak punya. Dari obrolan grup chating, ada banyak ide yang bisa dijaring. Entah itu curhatan seseorang yang bisa diambil hikmahnya, peristiwa yang bisa diambil pelajarannya atau esensi sebuah topik obrolan.

Mendengarkan musik / lagu

Siapa yang hobi mendengarkan musik dan kemudian menghubung-hubungkan maknanya dengan perjalanan hidupnya? Terkadang, lagu bisa membangkitkan memori ingatan yang itu bisa diangkat untuk dijadiian bahan menulis.

Menghayati sebuah lirik lagu dan melihat video klip pun bisa membuat imajinasi kreatif kita membayangkan peristiwa dibalik lagu tersebut.

Pengalaman Hidup

Ini sih paling gampang. Terlebih buat Ibu-Ibu, bisa dimulai dari pengalaman melahirkan, menyusui dan berbagai pengalaman pengasuhan lainnya.

Nggak cuma Ibu-Ibu, pengalaman hidup itu sifatnya luas dan personal, jadi bisa dialami oleh siapapun. Selama layak dibagikan, bagikan aja. Misal, pengalaman lolos tes CPNS, pengalaman lolos seleksi beasiswa LPDP, pengalaman mengurus visa, dan lain-lain.

Hobi

Eh, punya hobi apa? Kenapa nggak di share sebagai tulisan? Mulai dari hobi memasak, bisa share resep. Hobi berkebun, bisa share tips merawat Monstera atau Kaktus. Hobi menggambar, bisa share rekomendasi alat menggambar yang oke.

Hobi otomotif, bisa share tips dan trik merawat motor. Hobi travelling, bisa share tempat wisata menarik atau barang bawaan yang wajib dibawa saat traveling. Hobi dandan? Tentu saja, review skincare, make up atau bikin tutorial. Hobi baca? Bagikan buku yang sedang dibaca atau rekomendasi buku menarik tentang pengembangan diri, misalnya.

Minat / Passion

Atau bisa dibilang, share your enthusiast. Beberapa waktu lalu, saya mengenal seseorang yang sekarang sedang belajar mengubah lifestyle dengan lebih rutin olahraga. Jadi, dia mulai belajar tentang metabolisme tubuh, konsumsi protein, gerakan-gerakan workout. Nah, hal seperti ini bisa jadi ide menulis, kan?

Yang lebih issue lagi adalah tentang zero waste. Selain buat kampanye, berbagi apa yang sedang ditekuni ini bisa untuk menjaga konsistensi. Karena secara tidak langsung saat menulis dan membagikannya, kita sedang bertanggungjawab untuk diri kita sendiri.

Nah, dari sekian itu tentu sudah nggak ada alasan lagi nggak bisa menulis atau gimana cara memulai menulis. Karena kalo mau mulai ya dari diri sendiri dan tulis!

Sebenarnya, melalui postingan ini, saya pengen bilang, kalo teman-teman punya concern tertentu, please jangan malu atau segan untuk berbagi, apapun. Nggak perlu khawatir dibilang pamer atau gimana, karena konteksnya beda selagi punya informasi didalamnya.

Misal, upload foto mobil, nggak apa-apa lhoh, asal diselipi info tips trik merawat mobil. Kan kalo begitu sudah jadi konten. Menulis memang kemampuan basic, karena menulis bisa jadi salah satu alat untuk mengasah kemampuan kita dalam menekuni sesuatu.

Sampai ketemu di Collaboration kami berikutnya ^_^

You may also like

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *